Data Terpadu PPFM 25 Jun 2018

Permohonan Data Terpadu PPFM

Prosedur Permintaan dan Pemanfaatan

  1. Data Terpadu PPFM Untuk Program Perlindungan Sosial yang dikelola oleh Pokja Pengelola Data Terpadu PPFM salah satunya Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Data Terpadu PPFM ini dimaksudkan sebagai referensi penetapan sasaran bagi Program Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.
  2. Data sebaran jumlah rumah tangga/keluarga/individu menurut variabel terpilih di tingkat provinsi/kabupaten/kota/kecamatan dapat diperoleh di halaman Sebaran.
  3. Instansi atau lembaga yang memerlukan data yang lebih terperinci daripada data sebaran yang tersedia di situs-web dapat mengirimkan permintaan secara online melalui surat elektronik. Permintaan dapat juga disampaikan melalui surat kepada:
    Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)
    Sekretariat Wakil Presiden RI
    Jl. Kebon Sirih No. 14, Jakarta Pusat 10110
    Telp: 021-3912812 ext. 512
    Email: bdt@tnp2k.go.id
  4. Pemerintah Daerah yang membutuhkan data dengan nama dan alamat (By Name By Address) dari Data Terpadu PPFM untuk penetapan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan perlu menyertakan dokumen pendukung sebagai berikut:
    1. Penjelasan mengenai program yang akan menggunakan data dari Data Terpadu PFM
    2. Surat pernyataan yang menyatakan bahwa data nama dan alamat dari Data Terpadu PFM hanya akan digunakan untuk keperluan penetapan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.
    Kedua dokumen di atas ditandatangani oleh Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah/Kepala Bappeda yang dibubuhi stempel.
  5. Formulir Penjelasan Program dan Surat Pernyataan dapat diunduh melalui situs-web ini.
  6. Data dari Data Terpadu PFM disediakan oleh Pokja Data Terpadu tanpa biaya apapun.

Tahapan Penyiapan Data

Permintaan data dari Data Terpadu PPFM akan diproses melalui 4 tahapan sebagai berikut:

Tahapan Penyiapan Data

Tahap-1: Administrasi

Sekretariat TNP2K memproses surat permintaan data untuk penerbitan disposisi ke Unit Penetapan Sasaran & Pengelola Basis Data Terpadu (UPSBDT). Sekretariat TNP2K hanya akan memproses surat permintaan data yang menggunakan kepala surat instansi/lembaga resmi dan ditandatangani oleh pimpinan instansi/lembaga tersebut.

Untuk permintaan data individual DENGAN/TANPA nama dan alamat, surat permintaan data harus dilengkapi dengan dua dokumen pendukung sebagai berikut:

  1. Gambaran program yang akan menggunakan data individual dengan nama dan alamat. Formulir Gambaran Program yang Menggunakan Data Individual Dengan Nama dan Alamat dari Data Terpadu PPFM dapat diunduh di sini.
  2. Surat pernyataan yang menyatakan bahwa data individual dengan nama dan alamat dari Basis Data Terpadu hanya akan digunakan untuk keperluan penetapan sasaran program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial. Formulir Surat Pernyataan Pemanfaatan Data dari Data Terpadu PPFM dapat diunduh di sini.

Apabila surat permintaan data belum memenuhi persyaratan administrasi sebagaimana tersebut di atas, maka Sekretariat TNP2K melalui UPSBDT akan menghubungi instansi/lembaga pemohon – apabila alamat dan nama kontak instansi/lembaga dicantumkan – untuk menginformasikan syarat-syarat administrasi yang masih perlu dilengkapi.

Tahap-2: Konsultasi

Setelah syarat administrasi untuk permintaan data dari Data Terpadu PPFM dilengkapi, maka Sekretariat TNP2K akan menerbitkan disposisi kepada UPSBDT untuk menindaklanjuti permintaan data tersebut.

Setelah disposisi diterima, tim UPSBDT akan menghubungi kontak yang ditunjuk oleh instansi/lembaga pemohon untuk melakukan klarifikasi terkait detil data yang diperlukan, termasuk variabel-variabel data yang dibutuhkan dan dapat disediakan oleh Data Terpadu PPFM, format data yang dapat dikelola oleh instansi/lembaga pemohon, dan cara pengiriman/penyerahan data kepada pemohon.

Informasi detil mengenai data yang diperlukan ini akan didokumentasikan dan diproses untuk persetujuan internal TNP2K.

Tahap-3: Pengolahan Data

Tim Sistem Pengelolaan Informasi (Management Information System/MIS) akan menarik dan mengolah data/variabel data dari Data Terpadu sesuai dengan informasi detil mengenai data yang telah dikonsultasikan dengan pemohon dan mendapatkan persetujuan internal TNP2K.

Proses pengolahan data memerlukan waktu 2-4 hari, tergantung pada format data yang diminta oleh pemohon. Data dalam formal SQL dapat diselesaikan dalam waktu 1-2 hari, sedangkan data dalam format Excel dapat memerlukan waktu hingga 4 hari untuk pengolahannya.

Setelah pengolahan data selesai, data yang tersedia akan dicek oleh 2 tim yang berbeda di dalam UPSBDT untuk memastikan kelengkapan data sesuai dengan permintaan pemohon. Proses pemeriksaan ini diselesaikan dalam waktu 1 hari setelah data selesai diolah oleh tim MIS. Data yang telah dicek dan dapat dipastikan kelengkapannya akan disalin ke compact disc (CD) dan diberi label identitas dan registrasi.

Tahap-4: Pengiriman/Penyerahan Data

Salinan data dalam CD (CD Data) dapat diserahkan kepada pemohon melalui pos atau secara langsung kepada pemohon apabila pemohon datang ke kantor TNP2K. UPSBDT akan menghubungi instansi/lembaga pemohon untuk memberitahukan bila data sudah dapat diambil atau akan dikirimkan.

Setiap data yang disediakan oleh UPSPK dilengkapi dengan kata-kunci (password) untuk membuka. Informasi kata-kunci akan diberikan langsung kepada pemohon apabila pemohon datang ke kantor TNP2K untuk mengambil CD Data.

Apabila CD Data dikirimkan melalui pos, maka informasi kata-kunci (password) akan dikirimkan melalui surat-elektronik (e-mail) kepada staf yang telah ditunjuk resmi oleh instansi/lembaga pemohon sebagai penanggung-jawab data.

Kontak

Unit Penetapan Sasaran dan Pengelolaan Basis Data Terpadu

Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)

Jl. Kebon Sirih Raya No. 14, Jakarta Pusat 10110

021-3912812

bdt@tnp2k.go.id

© 2010 - 2018
Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan
Sekretariat Wakil Presiden RI

Halaman ini telah dikunjungi 1,303 kali sejak 1 Mei 2018